RAS Tangani Anak Berkebutuhan Dengan Spesial

Info Niaga0 Dilihat

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Rumah anak berkebutuhan khusus telah banyak berdiri di Indonesia termasuk di Banjarmasin. Salah satunya Rumah Anak Spesial ( RAS) Banjarmasin yang terletak di Jalan Kinibalu Banjarmasin Tengah.

Di RAS sudah ratusan anak berkebutuhan khusus ditanganinya. Mulai dari mereka yang tak bisa baca tulis hingga kini sudah bersekolah di sekolah umum.

Pemilik RAS Banjarmasin, M.Hamzah Fansuri mengatakan dari 3 cabang yang ia miliki saat ini ada lebih dari 100 anak yang ditangainya.

Untuk diketahui anak Berkebutan Khusus (ABK) merupakan anak dengan karakteristik yang berbeda dengan anak lainnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi, ataupun fisik.

Menurut data statistik angka kisaran anak disabilitas usia 5-19 tahun adalah 3,3%. Sedangkan jumlah penduduk pada usia tersebut pada tahun 2021 adalah 66,6 juta jiwa. Dengan demikian jumlah anak usia 5-19 tahun penyandang disabilitas berkisar 2.197.833 jiwa.

BACA JUGA:  Jualan Roti Pisang di Ibu Kota Laku 50.000 Rupiah Per Setengah Lusin

Kemudian, dari data Kemendikburistek bulan Agustus 2021 menunjukkan jumlah peserta didik pada jalur Sekolah Luar Biasa (SLB) dan inklusif sebanyak 269.398 anak.