Anggrek Bulan Raksasa Hadir di Meratus Orchid Show 2021

  • Whatsapp
Zulfikli ( kiri) di depan anggrek miliknya

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Pencinta anggrek mungkin jarang melihat Anggrek Bulan Raksasa (Phalaenopsis gigantean), mengapa demikian karena Anggrek ini merupakan spesies langka dan jarang ditemukan.

Pemilik Anggrek Bulan Raksasa Zulfikli mengatakan, anggrek tersebut diperolehnya dari seorang teman pencinta anggrek di Kalimantan Timur dan anggrek tersebut juga merupakan endemik pulau Kalimantan.(11/12)

“Untuk Anggrek Bulan Raksasa ini hanya bisa kita temukan di wilayah Hutan Kalimantan, terutama di Kaltim, Kalbar dan juga Sabah Malaysia,”paparnya.

Menurutnya, Anggrek Bulan Raksasa ini juga pernah ditemukan di Sabah Malaysia oleh para pencinta anggrek dari negeri jiran tersebut. “Tidak menutup kemungkinan karena kita satu tanah dengan mereka,”lanjutnya.

Panjang daunnya bahkan sampai lebih dari 85cm dan bila sudah dewasa, anggrek ini mulai keliatan putik dan berbunga 3-4 bulan kemudian tergantung perawatan dan pemupukannya.

BACA JUGA:  Baca ini Agar Terhidar dari E-Tilang

Hampir satu tahun Zulfikli merawat Anggrek Bulan Raksasa ini, merawatnyapun sama dengan merawat anggrek lainnya. Hanya pertumbuhannya agak lambat dibandingkan dengan anggrek lainnya.

“Pernah saya ukur untuk panjang daunnya sekitar 9cm dalam 1 bulan dan memang pertumbuhannya agak lambat, tetapi umurnyapun cukup lama,”tambahnya.

Karena alam anggrek ini tumbuh dihutan yang rindang, maka perawatannyapun Zulfikli memberikan paranet doble dan ditambah lagi dengan plastik ultraviolet agar tidak terkena langsung sinar Matahari.

Sementara untuk pelestarian dan budidaya masih dari habitat alamnya, dikarenakan harus perlu keahlian dari orang yang berpengalaman serta dari Laboratorium penelitian anggrek serta tanaman di Bogor.

“Setelah bunga Anggrek mengeluarkan knob (putik) sekitar 20 hari bunga anggrek akan mekar dan 15-20 hari bunganya akan rontok karena anggrek ini merupakan anggrek spesies,”ujarnya.

BACA JUGA:  Pengelo Resto Apung Benahi Konsep Pengembangan Termasuk Menu Sajian

Untuk harganya cukup mahal karena memang Anggrek Bulan Raksasa tersebut merupakan spesies langka dan tidak ada ditemukan didaerah atau Negara lain.

“Harga jualnya bermacam-macam tergantung dewasa dan besarnya anggrek ini yaitu berkisar dari 600 ribu sampai 2 juta rupiah,”pungkasnya.

Nah, bisnis yang menggiurkan apalagi harus punya anggrek yang unik dan langka, karena semakin langka semakin dicari semakin mahal harganya.

Editor : Eddy Dharmawan

Pos terkait