Sarjana Jangan Sampai Seperti Buih di Lautan, Memberi Warna Namun Tidak Memiliki Makna

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Pelaihari – Sarjana jangan sampai menjadi seperti buih dilautan, hanya bisa memberi warna namun tidak bisa memberi makna.

Ungkapan tersebut disampaikan Ketua Dewan Pendidikan Tanah Laut Sanardi di sela-sela kegiatan Focus Group Discussion ( FGD ) Politeknik Negeri Tanah Laut ( Politala ) bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut Dalam Rangka Peningkatan Sumber Daya di Tanah Laut Tahun 2025,Kamis (10/12).

Lebih lanjut pria yang turut membidani kelahiran Politala tersebut menuturkan apa yang telah dilakukan oleh Politala dalam memajukan dunia pendidikan di Bumi Tuntung Pandang selama ini sudah cukup memuaskan.

Namun dirinya berharap kedepan baik itu Politala maupun Lembaga Pendidikan Tinggi tidak hanya terpaku pada jumlah kelulusan saja, namun harus menciptakan seorang sarjana yang siap pakai, sehingga saat mereka lulus bukan hanya menjadi pencari kerja, tapi menciptakan lapangan pekerjaan.

BACA JUGA:  Anugerah Penghargaan Bagi 15 Inovator Terbaik "HSS INNOVATION AWARD 2022"

” Untuk menciptakan hal tersebut memang tidak gampang, tapi perlu kita pikirkan dari sekarang, jangan sampai sarjana seperti buih dilautan, hanya memberi warna tapi tidak bisa memberi makna, terutama kepada masyarakat ” ucapnya.

Dikatakan Sanardi mengatakan untuk menjawab tantangan jaman beberapa langkah dan upaya sebenarnya bisa dilakukan, diantaranya adalah bekerjasama dengan pihak Bank untuk pinjaman modal usaha kepada para sarjana yang baru lulus, sehingga mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan, bukan mencari pekerjaan.

” Sebagai gambaran, dalam satu tahun, Unlam dan Uniska menghasilkan 24 ribu mahasiswa, kalau semua mencari kerja, dimana ada lapangan pekerjaannya ” ungkapnya.

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait