JOTA JOTI Pramuka Sarana Komunikasi Jarak Jauh Antar Anggota

Wartaniaga.com, Kandangan- Jambore On The Air (Jota) dan Jambore On The Internet (Joti),Pramuka Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), di Buka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad.

Jota Joti berlangsung mulai dari tanggal 15-19 Oktober 2021, menjadi sarana bagi anggota Pramuka saling berkomunikasi jarak jauh Via Radio Amatir dan sarana Internet.

Dikatakan Wabup Syamsuri Arsyad yang Juga merupakan Ketua kwarcab Pramuka HSS , dengan kegiatan tersebut akan memberikan kesempatan bagi para Angota Pramuka Kwarcab HSS untuk berpartisipasi melalui radio amatir maupun menggunakan internet untuk saling Berkomunikasi dan bertukar infomasi pengetahuan.

“Jota Joti merupakan salah cara menegenalkan kepada generasi muda kita,memanfaatkan kemajuan tehnelogi ke arah kegiatan yang Positif,” ucapnya.

Wabup Syamsuri berharap Kepada Anggota Pramuka untuk bijak dalam memanfaatkan tehnologi yang ada.

“Jangan sampai kita menjadi terpengaruh akibat negatif perkembangan zaman dan kemajuan teknologi,” ungkap Wabup.

Ketua Sangga Kerja kegiatan Jota-Joti tingkat Kwarcab HSS, Andi menyampaikan peserta adalah perwakilan Gugus Depan, Dewan Kerja Cabang, Dewan Kerja Ranting, dan Kwartir Ranting dengan total keseluruhan peserta 59 Orang.

“Kegiatan ini berlangsung berkat kerja sama antara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka HSS dengan Dinas Kominfo HSS serta ORARI Lokal Kandangan,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan JOTA untuk pertama kalinya diprakarsai oleh seorang amatir radio dari Inggris bernama Leslie R.Mitchel (G3BHK), dalam rangka memperingati 50 tahun Gerakan Pramuka Dunia (Scout) pada tahun 1957.

Secara teknis, kegiatan JOTA menggunakan perangkat radio amatir, dengan mode CW (morse), maupun SSB, pada high frequency (HF) dalam rangka memperkenalkan dunia amatir radio dan membantu anggota Pramuka untuk dapat berkomunikasi dengan sesama anggota Pramuka lainnya di seluruh dunia, tentunya dengan sesama anggota pramuka dari berbagai Provinsi dan Kabupaten/kota di seluruh Indonesia melalui perangkat radio amatir.

Begitu pula dengan JOTI, yang pada prinsipnya sama dengan JOTA, namun sesuai dengan namanya Jamboree On The Internet, tentu perangkat yang digunakan adalah melalui fasilitas internet.

Reporter: Amutz
Editor: Aditya

Pos terkait

banner 468x60