Pemkab Balangan Bangun 5 Pos Jaga Pengamanan Lebaran

Wartaniaga.com,Paringin,- Apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat ketupat intan tahun 2021, Polres Balangan sediakan sebanyak 5 lokasi sebagai titik pengamanan dan kerahkan 160 personel gabungan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1442 H.

Terdapat 5 pos yang dibangun, 1 di antaranya sebagai posko induk atau pos pengamanan yang terletak di kawasan kota Paringin dan 3 lainnya merupakan pos chek point yang diletakkan dimasing-masing wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Balangan. Ditambah 1 Pos Satgas Covid-19 yang diletakkan di depan pasar modern Adaro kabupaten Balangan

Selaku pembina apel, Bupati Balangan H Abdul Hadi mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pengamanan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 hijriah dengan pencegahan Covid-19.

“Pemerintah Kabupaten Balangan nantinya akan bersinergi dengan Polres Balangan dalam rangka menerapkan larangan mudik,” ujarnya.

Bupati juga telah mengeluarkan surat edaran kepada para pejabat dan ASN ruang lingkup pemerintahan Balangan sesuai anjuran pemerintah pusat terkait larangan mudik untuk lebaran tahun ini.

“Sudah kita keluarkan suratnya itu, bukan ditegaskan secara lisan lagi tetapi sudah berupa surat edaran yang berlaku, ini tentunya ada kaitannya dengan pencegahan Covid-19, supaya tidak terjadi klaster baru di idul fitri yang akan datang ini,” kata H Abdul Hadi.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakatnya untuk tetap selalu menerapkan protokol kesehatan, jangan berkerumun, selalu menerapkan pola hidup bersih.

Sementara itu, Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid menyebut, dalam operasi ketupat intan tahun 2021 ini, pihaknya kerahkan sebanyak 160 personel gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, serta instansi lainnya.

“Kita juga sudah menempatkan pos-pos yang diletakkan diperbatasan untuk mendukung kegiatan operasi ketupat intan tahun 2021 ini,” tuturnya.

Dikatakan Kapolres sasaran di pos chek point itu adalah bagaimana berkomunikasi kepada pemudik, baik kaitannya masalah larangan mudik dan akan mengadakan rapid antigen bagi masyarakat.

“Jadi langkah-langkah ini kita lakukan adalah antisipasi, takutnya nanti di hari lebaran adanya klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Sebagai informasi oprasi kepolisian terpusat ketupat intan tahun 2021 akan di laksanakan dari tanggal 06 sampai 17 Mei 2021.

 

Reporter : Siti Nir Jannah
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60