Mudik Gratis Paman Birin 2024 Targetkan 1.000 Pemudik

Wartaniaga.com,Banjarmasin-Sebagaimana tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalsel pada 2024 kembali melaksanakan Mudik Gratis.

Untuk tahun ini, targetnya mengangkut 1.000 pemudik yang akan dilaksanakan pada sekitar 6-7 April mendatang.

Hal ini sesuai instruksi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, di mana pada 2023 lalu Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel) meminta agar memaksimalkan kolaborasi pelaksanaan angkutan mudik gratis dengan menggandeng Damri dan Organda sehingga dapat melayani lebih banyak pemudik.

Kepala Dishub Provinsi Kalsel, M Fitri Hernadi mengatakan, Dishub Kalsel berkoordinasi dengan Organda untuk penyediaan layanan angkutan dari anggota Organda, dengan terlebih dahulu melakukan ramp check uji kelayakan dan keselamatan armada angkutan yang akan digunakan nantinya.

Pada tahun lalu, disampaikan Fitri bahwa kegiatan mudik gratis diikuti 500-600 masyarakat dengan titik kumpul di Banjarmasin dan Banjarbaru.

“Tahun 2024 ini, untuk titik kumpul masih ditentukan dan dikoordinasikan. Namun untuk tujuan masih sama seperti tahun lalu, yakni hingga Tanjung dan Kotabaru, namun tahun ini akan dilayani pula mudik dari Banua Enam dan dari Kotabaru,” ujar Fitri.

Selanjutnya, untuk pendaftaran mudik gratis masih menunggu hasil dari uji kelayakan dari armada Pemprov dan Organda, nantinya setelah kuota ditentukan, maka dapat diketahui jumlah masyarakat yang dapat dilayani. Link pendaftaran akan segera disebarkan kepada masyarakat luas.

“Silakan subscribe dan pantau medsos Pemprov Kalsel dan juga medsos Dishub Kalsel, karena setelah diumumkan link pendaftaran, biasanya pendaftar akan membludak. Sangat disarankan bagi masyarakat yang berminat untuk memanfaatkan mudik gratis agar nanti segera mendaftar, sebelum kuotanya penuh,” ucap Fitri.

Editor:Eddy Dharmawan

Pos terkait

banner 468x60