Bawaslu Gelar PTPS se Kecamatan Amuntai Tengah

Wartaniaga.com, Amuntai- Pemilu Tahun 2024 sudah semakin dekat, demi terlaksananya pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kecamatan Amuntai Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kecamatan Amuntai Tengah yang baru saja dilantik, Minggu (28/01/2024) bertempat di Gedung Serbaguna Amuntai.

Mengangkat tema “Pengawasan Tungsura”, kegiatan bimtek diikuti Sebanyak 169 Anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTSP) dan juga dihadiri langsung oleh anggota Bawaslu Kabupaten dan Anggota KPU Kabupaten HSU.

Komisioner Penanganan Pelanggaran dan penyelesaian sengketa Bawaslu HSU Khairuddin mengatakan bahwa keberadaan pengawas TPS sangat penting dalam penyelenggaraan pimilu, sebab Pengawas TPS merupakan ujung tombak Bawaslu yang berhadapan langsung dengan tantangan pengawasan di lapangan pada saat pelaksaan pemilu nantinya.

Oleh karena itu Khairudin mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu Kecamatan Amuntai Tengah atas inisiasinya melaksanaakan bimtek dan juga simulasi pelaksaan pemilu di TPS nantinya. Semoga
“kepada PTPS yang mengikuti bimtek ini semoga dapat memahami apa yang disampaikan pemateri, dan anggota PTPS paham tentang tugas dan wewenangnya serta kewajiban dan haknya ketika berada di Lokasi TPS”. Ucapnya

Hal senada juga di sampaikan oleh Anggota KPU HSU
Emmy Najmiati, dirinya mengharapkan kepada seluruh PTPS yang bertugas dilapangan untuk menjaga kesehatan agar dalam menjalankan tugasnya bisa lebih maksimal dan juga pada saat pelaksanaan pemilu nantinya anggota PTPS bisa menjalin kerja sama dengan KPPS untuk salin mengisi satu dengan yang lainnya dalam menjalankan tugasnya pemungutan suara dan juga pencegahan atas terjadinya kecurangan dalam pemilu.

“Alhamdulillah tadi juga saya sampaikan materi tentang bagaimana pencegahan agar tidak terjadinya PSU (pemungutan suara ulang), maka dari itu kepada kawan kawan PTPS yang bertugas dilapangan nantinya dapat mengetahui sedini mungkin kecurangan – kecurangan yang menyebabkan terjadinya PSU, dengan itu secepat mungkin harus dicegah agar PSU itu tidak terjadi”. Ucapnya Emmy

Kegiatan ditutup dengan simulasi pelaksaan pemungutan suara dan tatacara mengatasi jika seandainya dalam pelaksanaan pemungutan suara terjadi hal hal yang berpotensi adanya kecurangan – kecurangan.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60