Balap Bos BCA, Kini Bos Barito Pacific Jadi Orang Terkaya di Indonesia

Projogo Pangestu menjadi orang nomor satu terkaya di Indonesia setelah mampu menyalip bos BCA dan Djarum

Wartaniaga.com, Banjarmasin-
Bos PT Barito Pacific Tbk, Prajogo Pangestu akhirnya menjadi orang terkaya di Indonesia.

Ia menggeser kakak beradik pemilik Bank BCA dan perusahaan rokok Djarum, R. Budi Hartono dan Michael Hartono dengan kekayaan masing-masing USD24,3 miliar dan USD23,3 miliar.

Di bawah Prajogo ada Low Tuck Kwong menjadi orang terkaya nomor dua dengan harta mencapai USD26,5 miliar. Sumber kekayaannya berasal dari perusahaan tambang batu bara, Bayan Resources.

Mengutip data Forbes Real Time Billionaire Index per hari ini, Sabtu (11/11/2023), harta Prajogo tercatat sebesar USD38,7 miliar, menguat 0,2 persen atau bertambah Rp78 miliar. Jika menggunakan kurs hari ini, sebesar Rp15.689 per USD, maka kekayaan Prajogo setara Rp607,2 triliun.

Sementara itu pada posisi ke empat orang terkaya di republik ini adalah Sri Prakash Lohia. Dirinya
mendapatkan kekayaannya dari Grup Indorama yang bergerak di sektor tekstil. Selain itu Sri Prakash Lohia juga memiliki bisnis di industri petrokimia yang memproduksi PET dan pupuk.
Kini Indorama memiliki lebih dari 20 lokasi manufaktur di 8 negara dan merajai pasar Afrika. Kekayaannya mencapai USD 7,1 miliar di tahun 2023 ini.

Urutan berikutnya, ada nama Chairul Tanjung. Namanya dikenal luas sebagai pemilik CT Corp yang membawahi Trans Corp, Carrefour dan Bank Mega.
Chairul Tanjung juga pernah menjadi Menko Perekonomian pada tahun 2014. Hingga sekarang ia dikenal sebagai taipan bisnis media, finansial dan properti ternama di Indonesia.

Diolah dari berbagai sumber
Editor : Fairuz Reza Fahlevi

Pos terkait

banner 468x60