Bupati Minta SKPD Tingkatkan PAD

Bupati Balangan Abdul Hadi saat memimpin rapat koordinasi peningkatan PAD

Wartaniaga.com, Paringin – Bupati Balangan, H Abdul Hadi meminta Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang memiliki potensi Pendapat Asli Daerah ( PAD) agar dapat meningkatkan potensinya.

Hal ini diungkapkannya saat memimpin Rapat Koordinasi upaya peningkatan PAD Kabupaten Balangan di Aula Benteng Tundakan, Senin (18/9/23).

Ia mengatakan, saat ini PAD Balangan merupakan yang paling rendah di Kalimantan Selatan ( Kalsel).

Dalam Rancangan APBD Balangan Tahun 2024, target PAD Rp 84 miliar. Sedangkan pendapatan keseluruhan sangat besar, yaitu Rp 2,5 triliun.

Bupati menyebut, pendapatan paling besar yang didapat Kabupaten Balangan adalah dari Dana Bagi Hasil (DBH) yakni sebesar 68 persen.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Balangan tengah berupaya agar deviden dari perusahaan dan juga penanaman modal perbankan bisa masuk dalam pendapatan lain-lain daerah.

Bupati meminta, setiap SKPD yang memiliki potensi peningkatan PAD diharapkan memaksimalkan dan melihat apakah ada kebocoran pendapatan.

Misalnya seperti retribusi dari pasar Paringin yang tahun ini baru mendapatkan pendapatan kurang dari Rp 2 juta. Untuk retribusi parkir 2023 adalah Rp 70 juta dan hingga saat ini tercapai Rp 52 juta.

“Jadi Perlu dioptimalkan lagi dari setiap SKPD untuk meningkatkan pendapatannya. Jika perlu ada pembaharuan peraturan daerah, maka akan dilakukan,”pungkasnya.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Nirma Hafizah

Pos terkait

banner 468x60