Kotabaru Borong Juara pada Festival Pasar Terapung di Banjarmasin

JUARA: Kotabaru raih banyak juara dalam Festival Pasar Terapung di Banjarmasin.

Wartaniaga.com,Kotabaru- Kabupaten paling jauh dan terujung di Kalimantan Selatan (Kotabaru) borong juara di Festival Pasar Terapung yang diadakan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Senin, (14/8).

Diantaranya, Juara 3 Fashion Karnaval dengan tema “Magic From The Sea” modelnya Yeyen, Juara 1 Pawai Budaya Mobil Hias dengan tema Estetika Balai Kampung Laut. Dan yang terakhir Juara 1 Pameran Kampung Banjar dengan tema Wisata Kampung Tambayangan Teluk Gosong.

Mewakili Pemkab Kotabaru, Rudi Nugraha Kabid Event, Pertunjukan dan Ekonomi Kreatif Disparpora Kotabaru menjelaskan bahwa apa yang di ikut lombakan semuanya memiliki makna.

Diantara maknanya, The Magic From The Sea yang dipakai Yeyen itu menggambarkan sosok anggun seorang Suku Nomaden yaitu Bajau Samah yang sering berpindah tempat sepanjang pesisir Pulau Laut.

Dimana, budaya berpindah-pindah ini merupakan budaya unik Suku Bajau di Kotabaru. Selain itu kemampuan menjadikan budaya laut sebagai identitas lokal dan mampu mengInspirasi estetika dalam desain kostum itu.

Sedangkan, Pawai Budaya Mobil Hias Estetika Balai Kampung Lau ini menggambarkan sebuah tempat upacara dalam adat Selamatan Leut Suku Bajau Samah. Yang uniknya bangunan yang dibuat diatas perahu-perahu nelayan yang di depannya ada Sanro yang mampu mengubah air laut yang asin seketika menjadi tawar.

“Dalam pertunjukan apapun, kami yang membawa nama Kotabaru selalu menyiapkan yang terbaik. Tujuannya agar pesan budaya yang ada di Kotabaru mampu tersampaikan dengan baik dan lebih di kenal lagi,” jelas Rudi Nugraha mengakhiri.

Reporter: Jumain
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60