Festival Goa Lowo Bertabur Artis Ibukota

Wartaniaga.com,Kotabaru- Di bulan Kemerdekaan, Kabupaten Kotabaru kembali mengadakan festival budaya yang meriah dengan bertabur bintang dangdut dan artis ibukota.

Yang berbeda di festival ini, adalah tempat acaranya yang tidak di pusat kota. Tapi di desa yang berada di Kotabaru daratan Kalimantan.

Nama acaranya Festival Goa Lowo. Idenya di gagas oleh Bumdes Desa Tegal Rejo dan Disparpora Kotabaru.

Dalam pamflet yang tersebar Festival Goa Lowo ini akan berlangsung selama 10 hari dari tanggal 12 sampai dengan 23 Agustus yang bertempat di Objek Wisata Goa Lowo Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kotabaru.

Inti dari acara festival ini adalah Bazar UMKM, dan Ekonomi Kreatif Wahana Permainan dan Atraksi Budaya.

Rangkaiannya acara pun sangat banyak, mulai dari Pawai Budaya Nusantara, Penampilan Reog Ponorogo, Kuda Lumping atau Jaranan, Musik Campur Sari, Topeng Ireng, Sholawatan dan Maulid Habsyi, Syukuran 78 Tumpeng HUT RI, Jalan Santai dan Senam Sehat, Lomba Nyanyi Lagu Jawa, Kontes Bonsai, Lomba Mewarna Anak TK dan SD dan banyak penampilan dari artis ibu kota.

Diantara artis ibu kota yang akan mengisi nanti yaitu, Reza Dangdut Akademi (DA), Endah DA, Rahma KDI, Rita DA, Raza KDI dan Santi KDI.

Mendengar hal tersebut, salah satu masyarakat

Rudi Nugraha Kabid Event dan Pertunjukan Disparpora Kotabaru menjelaskan, bahwa Festival Goa Lowo ini sengaja dibuat semeriah mungkin selama 10 hari.

“Kita menyadari di Kotabaru daratan Kalimantan jarang dibuat Festival yang sangat meriah. Mudahan dengan adanya Festival Goa Lowo ini menjadi awalan yang sangat bagus,” ungkapnya.

Rudi juga mengungkapkan, bahasa Festival Goa Lowo ini sudah masuk dalam kalender event pariwisata yang ada di Kotabaru.

“Buat masyarakat Kalimantan Selatan, silahkan datang dan menyaksikan acara Festival Goa Lowo ini. Karena bakalan banyak kejutan tentang budaya yang sangat jarang ditampilkan akan meriah di acara ini,” ajak Rudi Nugraha.

Sementara, Manager Bumdes Tegal Tejo, Tri Widodo yang merupakan penggagas Festival Goa Lowo menambahkan, acara ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 ini akan menambah meriahkan peringatan hari kemerdekaan atau dikenal dengan HUT RI.

Festival ini lanjutnya pertamanya kali dibuat besar. Tentu ini tidak terlepas dari dukungan Pemkab Kotabaru.

“Tujuan kami adakan Festival Goa Lowo ini demi lebih meningkatkan lagi kunjungan wisatawan ke Kotabaru. Serta menumbuhkan penghasilan perekonomian yang ada di daerah Kecamatan Kelumpang Hilir ini,” tutupnya.

Reporter: Jumain
Reporter : Aditya

Pos terkait

banner 468x60