Ini Syarat Penumpang Penerbangan Udara Berlaku Mulai 17 Juli 2022

  • Whatsapp
Foto net

Wartaniaga.com, Banjarbaru-Aturan baru yang akan diberlakukan penerbangan udara domestik melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor berlaku mulai tanggal 17 Juli 2022.

Disampaikan oleh Humas Bandara Internasional Ahmad Zulfian Noor kepada media bahwa persyaratan tersebut sesuai dengan SK Kemenhub Nomor 70 Tahun 2022.

Persayaratan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Bagi penumpang yang sudah mengikuti vaksin 3 atau Boster tidak wajib melampirkan hasil Ravid Test (RT) PCR atau RT Antigen.

2. Untuk penumpang yang baru mengikuti vaksin 2 wajib menunjukkan negatif RT Antigen selama 1×24 Jam atau RT PCR yang berlaku 3×24 Jam.

3. Demikian juga yang baru melakukan Vaksin Dosis 1 wajib menunjukkan hasil Negatif RT PCR yang berlaku 3×24 Jam.

BACA JUGA:  Silsilah dan Historis Demang Lehman Dilacak

Sedangkan untuk penumpang yang belum/tidak dapat divaksin karena kondisi kesehatan khusus, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT PCR (3×2) dan surat keterangan Dokter dari Rumah Sakit Pemerintah.

Kemudaian bagi penumpang usia 6-17 tahun dapat melakukan perjalanan dengan menunjukkan sertifikat vaksin dosis ke-2.

Selanjutnya, bagi penumpang usia dibawah 6 tahun dikecualikan dari ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif RT PCR atau RT Antigen, namun wajib didampingi saat melakukan perjalanan.

Setiap penumpang wajib menggunakan masker selama dalam perjalanan dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Sementara itu, Zulfian mengatakan agar setiap calon penumpang yang akan bepergian melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor agar melengkapi persyaratan tersebut terutama test Antigen dan PCR sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA:  Bank Sampah Buncu Elha, Tabung Sampah Dapat Uang

“Kami himbau bagi calon penumpang domestik sebelum berangkat terlebih dahulu menyiapkan kelengkapan ketentuan tersebut untuk RT Antigen atau RT PCR ditempat pelayanan kesehatan terdekat. Karena untuk saat ini, pihak kami tidak menyediakan lagi layanan ini,”tutupnya.

Editor : Eddy Dharmawan

Pos terkait