Ramadan Bersama KKB, Ustad Ilham Masykuri Hamdi : Tingkatan Berpuasa Seseorang Tergantung Keimanannnya

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin, – Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Pusat menggelar buka puasa bersama Ramadan 1443 H / Jumat (22/4) petang. Kegiatan ini dihadiri pengurus KKB Kecamatan Banjarmasih Timur dan Banjarmasin Barat.

Seperti sebelumnya, kegiatan digelar di Sekretariat KKB Pusat, Jalan Perdagangan, Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara.
Dimulai dengan salat ashar berjamaah, kemudian tadarus dan khataman Alquran oleh
Grup Tadarus Lembaga Pengajian dan Pengkajian Alquran UIN Antasari.

Pada kesempatan itu, tausyiah jelang berbuka puasa disampaikan oleh Ustad
Ilham Masykuri Hamdi. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan do’a dan wirid.

Ustad Ilham Masykuri Hamdi mengemukakan tiga tingkatan orang-orang yang berpuasa. Dikatakannya, tingkatkan berpuasa setiap orang berbeda-beda sesuai tingkat keimanannya.

BACA JUGA:  Deteksi Dini, Gugus Tugas Siapkan 60 Ribu Rapid Test

“Imam Al Ghazali di dalam Kitabnya lhya’ulumiddin, mengemukakan tiga tingkatan orang-orang yang berpuasa.
Yaitu, puasa jasmani (jasad) , nafsani (jiwa) dan ruhani (ruh),” terangnya.

Dan level yang paling tinggi menurut klasifikasi Imam Al-Ghazali, kata Ustad Ilham Masykuri Hamdi adalah puasa rohaniah (ruh).

Mereka tidak saja menahan diri dari maksiat, tapi juga menahan hatinya dari keraguan akan hal-hal keakhiratan. Menahan pikirannya dari masalah duniawiyah, serta menjaga diri dari berpikir kepada selain Allah.

Standar batalnya puasa bagi mereka sangat tinggi, yaitu apabila terbersit di dalam hati dan pikirannya tentang selain Allah, seperti cenderung memikirkan harta dan kekayaan dunia.

Ustad Ilham Masykuri Hamdi juga mengajak untuk terus meningkatkan amal ibadah memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadan ini. Karena di antara malam-malam ada malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan. Menjadi malam ampunan, diterimanya amal, dan dijauhkan dari api neraka.

BACA JUGA:  Giliran 370 Wartawan Mendapat Suntik Vaksin

“Pada malam itu malaikat tumpah ke bumi dipimipin oleh malaikat Jibril untuk memohonkan ampunan bagi umat Islam yang berpuasa dan mengerjakan ibadah. Mari kita tingkatkan ibadah kita di malam 10 terakhir ini,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua Umum KKB Pusat, Yuni Abdi Nur Sulaiman, melalui Ketua Harian, Hairudinor, menyampaikan, kegiatan ini adalah program KKB setiap bulan Ramadan

“Setiap bulan Ramadan kita isi dengan amal ibadah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, seperti tadarusan dan khatam Alquran,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, juga menjalin silaturahmi, bersama-sama menyambut kemuliaan dan keberkahan Ramadan bersama warga Bakumpai.

“Semoga silaturahmi di bulan Ramadan ini juga menjadi ibadah bagi kami di KKB khususnya, dan seluruh warga Bakumpai pada umumnya,” pungkasnya.

BACA JUGA:  3% Karyawan PT Trio Motor Merupakan Kaum Difabel

Reporter : Ahmad Syarif
Editor : Edhy Darmawan

Pos terkait