Pemkab HSU Terima Dokumen Kajian Pengaman DAS dari Kementerian LHK

  • Whatsapp

Kemudian Upaya ini juga Perlu diikuti oleh keterlibatan dunia usaha untuk mengurangi bencana banjir melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan pelaksanaan pengelolaan lingkungan yang ketat. Selain itu Dirinya juga berharap, masyarakat yang terdampak musibah banjir di Kalsel agar tetap tabah dan waspada akan bahaya dari banjir susulan.

Sementara itu Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PTKL) Kementerian LHK, Ruandha Agung, yang hadir dalam acara penandatanganan nota kesepakatan upaya percepatan pemulihan lingkungan hidup pasca banjir.

Menyampaikan pemulihan pasca banjir yang harus dilakukan adalah bangunan fisik misalnya bendungan, pembangunan bendungan harus dilakukan dengan kajian lebih detail. Terlebih kini pembangunan Bendungan Riam Kiwa yang terganjal pelepasan dari kawasan hutan. Lahan pembangunan Bendungan Riam Kiwa di Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel, ternyata masuk dalam kawasan hutan.

BACA JUGA:  Video Conference Penyerahan DIPA Langsung Diikuti Sukamta dan Dahnial

Sekitar 700 hektare lahan areal Bendung Riam Kiwa masuk dalam kawasan hutan dan sekitar 5,81 hektare masuk lahan areal bukan kawasan hutan. Rekomendasi dari hasil kajian untuk pasca banjir di Kalsel mencakupbangunan fisik, vegetasi, keterlibatan masyarakat bersama-sama dengan lebih komprehensif.

Plt. Bupati Hulu Sungai Utara H.Husairi Abdi, Lc yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas adanya kerjasama ini dimana Kementrian Lingkungan Hidup dan Jajaran Pemprov Kalsel serta Kabupaten / Kota bersama sama bersenergi dalam dengan secara langsung dalam Upaya Percepatan Pemulihan Lingkungan Hidup Pasca Banjir di Kalsel.

Kabupaten Hulu Sungai Utara yang setiap tahunnya selalu langganan terjadi Banjir tentunnya selalu berharap dengan adanya Penandatanganan Kesepakatan Bersama Upaya Percepatan Pemulihan Lingkungan Hidup Pasca Banjir ini berdampak positif bagi upaya percepatan penanganan pemulihan lingkungan hidup pasca banjir yang signifikan sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

BACA JUGA:  774 Warga Bati-Bati masih mengungsi, Kasi Propam Polres Tala antar Langsung Bantuan

 

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

L

Pos terkait