DPPPA HSU Gelar Pelatihan PPRG

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai- Pentingnya mewujudkan kesetaraan gender diberbagai bidang pembangunan, baik di bidang politik, demokrasi, dan pemerintah yang disentralistik. Untuk itu, Dinas Perlindungan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPPA) HSU gelar Pelatihan Perencanaan dan Penggangaran yang Responsif Gender (PPRG) 2021 di aula DPPPA, Selasa (14/12).

PPRG yang digelar langsung menghadirkan Narasumber dari Bapelitbang HSU, DPMPD HSU, dan Inspektorat HSU.

Perencanaan dan penganggaran responsif gender merupakan instrumen untuk mengatasi adanya kesenjangan akses, kontrol, partisipasi, dan manfaat pembangunan bagi laki-laki dan perempuan yang selama ini masih ada, untuk mewujudkan keadilan dalam penerimaan manfaat pembangunan.

Hj. Gusti Iskandariah mengatakan pelaksanaan pelatihan PPRG bagi operator masing-masing SKPD hingga kecamatan sebanyak 40 orang.

BACA JUGA:  FBS Kotabaru Digelar Secara Virtual

“Tujuan kami menyelenggarakan ini adalah sesuai amanat Undang-undang Negara Republik Indonesia bahwa setiap manusia memiliki hak untuk mendapat kesempatan bisa berkarya dan berpartisipasi baik itu laki-laki maupun perempuan” ungkapnya..

Dikatakannya, fakta dan kenyataannya masih ada kesenjangan khususnya di Kabupaten HSU yang jumlah perempuan 50%.

“ 50 persen penduduk kita adalah perempuan dan sekitar 35% adalah anak dan kesenjangannya belum rata, indeks pembangunan gender di HSU peningkatannya juga masih kecil,’ jelasnya.

Ditambahkannya indeks pemberdayaan gendernya meski banyak perempuan juga ada penurunan yang disebabkan salah satunya adalah sumber dana yang diberikan oleh pemerintah pusat masih belum tepat sasaran.

“ Karena itu kami bersama tim drivernya PPRG terdiri dari BAPEDA, BPKAD,Inspektorat,DPMPD, dan DPPPA bersama sama memberikan penguatan kepada operator SKPD agar mereka dalam membuat rencana anggaran yang menjadi kewenangan SKPD masing masing sudah memuat perencanaan yang responsif gender,” papar Iskandariah

BACA JUGA:  Maksimalkan Koordinasi Unsur Forkopimda,Dandim 1001/HSU Lakukan Silahturahmi

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait