Bupati Kotabaru Salurkan Bantuan untuk Korban Longsong di Kepulau Sembilan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kotabaru- Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersama rombongan dan Forkopimda berangkat menuju Pulau Sembilan tepatnya di Desa Maradapan, membawa barang logistik berupa sembako dan keperluan warga terkena musibah tanah longsor pada Senin (29/11/2021) lalu.

Longsong mengakibatkan 47 buah rumah rusak berat, 8 buah rusak ringan, dan 18 buah terdampak longsor termasuk sekolah dan tidak ada korban jiwa.

Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar didampingi Dandim 1004/Kotabaru, perwakilan Lanal, Satpolair, Kabag Op Polres dan jajarannya bahkan perwakilan Kementerian Sosial RI juga ikut dalam rombongan menggunakan kapal cepat Bangau mengangkut sekitar 30 ton atau 500 paket sembako untuk para korban tanah longsor d Desa Maradapan.

Secara simbolis Bupati dan perwakilan Kemensos RI serta rombongan menyerahkan bantuan tersebut kepada warga setempat di halaman Kantor Desa Maradapan yang juga dijadikan posko tanggap darurat, Jum’at (3/12).

BACA JUGA:  Polres HSU Ikuti Vicon Rencana Penyelenggaraan Penerimaan Anggota Polri

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menyampaikan, tanah longsor di Pulau Sembilan ini adalah untuk yang kedua kalinya terjadi dikarenakan faktor tanah yang gembur dan hanya ditanami pohon pisang oleh warga sehingga akarnya tidak kuat.

Jadi nantinya agar tidak terulang lagi kejadian yang sama akan dikoordinasikan kepada pihak pertanian jenis tanaman apa yang cocok dilereng dengan akar yang kuat menahan tanah namun bisa menghasilkan buat warga.

Untuk tanaman pohon pisang sebagai penghasil warga selain nelayan tetap ditanam akan tetapi hanya didataran rendah saja jangan lagi d atas lereng gunung seperti sekarang.

Selain Desa Maradapan, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar juga memberikan sembako sekitar 100 paket untuk warga di Desa Marabatuan.

BACA JUGA:  Mantap, Penerimaan PAD HSS Meningkat

Reporter : Anaq
Editor : Aditya

Pos terkait