Bupati Banjar Terima Plat Baru Atas Pembayaran Pajak Mobil Dinas DA 1 B

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Martapura –Pajak daerah adalah sumber pendapatan daerah yang merupakan salah satu sumber pembiayaan pelaksanaan pemerintahan daerah.

Diambil dari laman Kementrian Keuangan bahwa, berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, pajak daerah terbagi menjadi dua jenis, yaitu pajak provinsi dan pajak kabupaten/kota. Pajak provinsi terdiri atas pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan, dan pajak rokok.

Adapun pajak kabupaten/kota terdiri atas pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak sarang burung walet, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB P2), serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

BACA JUGA:  Ramaikan CFD, IMAPA Kalsel Tunjukan Tarian Perang Suku

Sementara itu, retribusi daerah terbagi menjadi tiga golongan, yaitu retribusi jasa umum, retribusi jasa usaha dan retribusi perizinan tertentu. Retribusi jasa umum yaitu pungutan atas pelayanan yang disediakan atau diberikan pemerintah daerah untuk tujuan kepentingan dan kemanfaatan umum, serta dapat dinikmati oleh orang pribadi atau badan.

Pada selasa siang, Bupati Banjar H Saidi Mansyur S.I.Kom menerima penggantian dan pembayaran pajak Kendaraan Bermotor yaitu Mobil Dinas bernomor plat DA 1 B yang diserahkan langsung oleh petugas di depan Gedung Sultan Adam sehabis membuka acara Muscab HIPMI Kabupaten Banjar.(21/12)

Dia mengatakan bahwa setiap tahun kendaraan atau mobil dinas wajib bayar pajak, hal ini dilakukan untuk pemasukan pajak daerah yang dikelola oleh Provinsi.

BACA JUGA:  Syamsuri : UMKM Harus Kreatif dan Punya Semangat di Masa Pandemi

“Hari ini kita menerima plat baru untuk mobil Dinas, ini adalah ketaatan pajak yang wajib dilakukan oleh pemda dan memberi contoh kepada masyarakat agar mereka memperhatikan kewajiban untuk membayar pajak,”pesan orang nomor satu di Kabupaten Banjar ini.

Editor : Eddy Dharmawan

L

Pos terkait