Pemdes Sungai Limas Berdayakan Kaum Perempuan Latih Tata Boga

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Terkenal dengan hasil olahan kerajinan yang berbahan dasar rotan dan bambu, tidak membuat masyarakat di desa Sungai Limas Kecamatan Haur Gading khususnya kaum perempuan terpaku dengan aktifitas kerajinan yang telah dilakukan secara turun temurun tersebut.

Berbagai usaha telah dilakukan oleh kaum hawa tersebut untuk membantu meningkatkan pendapatan keluarga. Dimulai dengan mengikuti pelatihan – pelatihan atau kursus – kursus yang telah diselenggarakan oleh instansi Pamerintah ataupun non Pamerintah sehingga masyarakat khususnya kaum perempuan tersebut mempunyai keterampilan yang nantinya bisa dikembangkan sendiri atau secara berkelompok yang tentunya bisa bernilai komersil.

Difasilitasi Pamerintah Desa Sungai Limas puluhan kaum hawa yang terdiri dari ibu – ibu dan remaja puteri serta para kader – kader organisasi yang ada didesa mengikuti pelatihan tata boga yang dilaksanakan di Balai Desa Sungai Limas pada hari Selasa,(02/ 11).

BACA JUGA:  BPBD HSU : Banjir di Amuntai Mulai Surut

Berbagai kegiatan dilakukan dalam pelatihan tersebut, di antaranya cara pembuatan kue kering , kie basah dan makanan.

Kepala Desa Sungai Limas melalui Kapala Urusan Umum dan Perencanaan ,Nor Aida menjelaskan kegiatan ini merupakan program Desa dalam hal pemberdayaan masyarakat desa.

” Alhamdulillah pada hari ini di desa ini dilaksanakan Pelatihan Tata Boga yang berkerja sama dengan salah satu Event Organizer dimana dalam hal pelaksaan kegiatan ini berbagai peralatan di sediakan oleh mereka sehingga para peserta dapat mengikuti dengan serius tanpa dibebani berbagai persiapan peralatan – peralatan, “terangnya.

Masih menurut Aida,kegiatan ini bersumber dari dana desa Sungai Limas tahun 2021.

“Untuk biaya pelaksanaan ini berasal dari anggaran desa dimana nantinya masyarakat atau kaum perempuan yang mengikuti kegiatan ini bisa mengikutinya dengan sungguh – sungguh sampai selesai atau selama 5 hari dari sekarang,dengan demikian para peserta diharapkan bisa menguasai atau mempunyai skil dalam hal usaha tata buga sehingga mampu berwira usaha sendiri atau secara kelompok yang tentunya dapat meningkatkan perekonomian didesa semakin baik,”harapnya.

BACA JUGA:  Paskibraka HSU Tahun 2020 Lakukan Latihan Kedepankan Protokol Kesehatan

Sementara itu Manager Marisa Catering Orginizer Elisa Ramadhani menambahkan bahwa ,kegiatan ini merupakan realisasi kerja sama antara Pamerintah Desa Sungai Limas dengan Event Organizer kami dalam pelaksanaan pelatihan tata boga.

“Terima Kasih saya ucapkan atas kepercayaan Pamerintah Desa Sungai Limas yang telah berkerja sama dengan kami dalam memberikan pelatihan tata boga kepada kaum perempuan didesa ini,kami tidak hanya memberikan pelatihan atau hanya memberikan pelajaran cara membuat makanan atau kue ,namun kami akan terus pantau dan bimbing bagi mereka yang akan mengembangkan usaha tata boga bahkan kami akan fasilitasi sampai ke pemasaran agar mempunyai pangsa pasar sendiri,sehingga apa yang didapat dari pelatihan tata boga ini jadi bermanfaat dan bisa dinikmati bagi semua khususnya kaum hawa didesa Sungai Limas ini,” ucapnya.

BACA JUGA:  Bupati Balangan Lantik Sutikno sebagai Sekda

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait