Pemprov Kalsel Raih Penghargaan Sebagai Daerah Peduli Konsumen

  • Whatsapp

Wartaniaga com, Jakarta – Kementerian Perdagangan RI telah menggelar acara peringatan Hari Perlindungan Konsumen Nasional Tahun 2021. Acara ini bertemakan “Perlindungan Konsumen, Menuju Indonesia Maju”.

Pada peringatan Hari Perlindungan Konsumen Nasional kali ini, Menteri Perdagangan RI Muhammad Luthfi memberikan penghargaan kepada 6 Provinsi yang dinilai mengalami kemajuan dalam meningkatkan Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen di daerahnya.

Bertempat di The Ballroom XXI Djakarta Theather Building penyerahan penghargaan ini dilaksanakan dengan tetap menjalankan prokes yang ketat sesuai dengan anjuran pemerintah, Kamis 28 Oktober 2021.

Daerah yang mendapatkan penghargaan tersebut antara lain adalah Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk Provinsi Kalsel diberi penghargaan sebagai DAERAH PEDULI KONSUMEN yang diterima oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, dan diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan RI.

BACA JUGA:  Musrenbang, Ajang Diskusi Negosiasi Untuk Tentukan Prioritas Pembangunan

Drs Birhasani Msi, Kadisdag Kalsel menjelaskan bahwa tujuan perlindungan konsumen adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemandirian konsumen dalam melindungi dirinya dari tindakan yang merugikan, sehingga konsumen mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Dan sudah barang tentu juga untuk menjadikan pelaku usaha yang jujur dan bertanggung jawab.

Dia menambahkan, untuk mencapai hal tersebut Pemerintah Daerah Prov Kalsel melalui Dinas Perdagangan sejak tahun 2017 telah melaksanakan berbagai upaya, antara lain edukasi konsumen dan sosialisasi Perlindungan Konsumen bagi pelajar, mahasiswa, pelaku usaha, tokoh agama dan masyarakar, pendidik, umkm dll.

Pos terkait