Puncak Peringatan Harjad Banjarmasin, Wali Kota dan Wawali Sambangi Museum Sultan Suriansyah

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Puncak peringatan harijadi Kota Banjarmasin ke 495 yang berlangsung di dua tempat yakni di pemakaman Sultan Suriansyah dan di Kantor DPRD Kota Banjarmasin, dilaksanakan secara sederhana dan mengikuti aturan protokol kesehatan.

Namun, ada yang menarik dalam peringatan tahun 2021 ini, saat berziarah di makan Raja Banjar tersebut,Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Banjarmasin,

H Arifin Noor, secara spontan menyambangi museum Sultan uriansyah yang berlokasi di komplek pemakaman tersebut di kawasan Jalan Kuin, Kecamatan Banjarmasin Utara.
Kedua pemimpin Bumi Kayuh Baimbai ini sengaja datang ke tempat bersejarah itu untuk melihat kondisi terkini museum tersebut.

“Kita Maninjau ke museum makam Sultan Suriansyah, yang sekitar 2 bulan yang lalu kondisinya sangat sangat memprihatinkan, Alhamdulillah sekarang sudah dalam kondisi yang bagus, tertata rapi, koleksinya juga sudah semakin lengkap,” ungkap H Ibnu Sina.

BACA JUGA:  Lurah Banua Anyar Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Sungai Martapura

Dikatakannya, keberadaan sebuah museum sangat penting bagi sebuah kota, selain sebagai simbol peradaban, juga sebagai salah satu cara menghargai perjuangan para pendiri daerah ini adalah dengan memperhatikan serta menjaga seluruh peninggalannya.

“Begitulah cara kita untuk memuliakan Sultan Suriansyah dan seluruh pendiri Kota Banjarmasin, dan peninggalan-peninggalan juga harus kita lestarikan terutama koleksi-koleksi yang ada di pihak juriat atau pihak keluarga,” ujarnya, Jumat (24/09).

Ia berharap, selain pemerintah, seluruh lapisan masyarakat Bumi Kayuh baimbai juga ikut berkontribusi menjaga, memelihara dn memuliakan seluruh peninggalan Sultan Suriansyah.

Pos terkait