Pemkot Banjarmasin Tak Perpanjang HGB Pasar Sudirapi

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Per 3 Juli 2021 kemarin, sebanyak 38 persil SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan) Pasar Sudirapi, Banjarmasin, resmi tidak diperpanjang lagi oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Hal ini diutarakan Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Ichrom M Tezar, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/7).

“Pemerintah Kota Banjarmasin tidak akan memberikan rekomendasi perpanjangan SHGB untuk 38 persil bangunan ruko yang ada di blok Pasar Sudirapi tersebut,” ucapnya.

Menurut Tezar, tak diperpanjangnya SHGB Pasar Sudirapi ini merupakan tindak lanjut perencanaan pengelolaan sendiri blok Sudirapi oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Pengelolaan selanjutnya, papar Tezar, akan dilakukan langsung oleh Pemko Banjarmasin. Sedangkan pihak pedagang cukup membayar biaya retribusi pasar per bulan.

BACA JUGA:  Rumah Zakat Salurkan KLY

“Karena ini SHGB-nya sudah hak milik Pemko, jadi nanti pedagang tinggal membayar retribusi pelayanan pasarnya saja,” ujarnya.

Karena dikelola sendiri oleh Pemerintah Kota, lanjut Tezar, nantinya blok Pasar Sudirapi akan diturunkan klasifikasi kelasnya.

“Sekarang ini klasifikasi Pasar Sudirapi adalah Kelas A. Rencananya akan kami turunkan menjadi Kelas D saja, agar pedagang tidak keberatan  membayar retribusinya,” katanya.

Editor : Ahmad Yani

L

Pos terkait