Darmawan Jaya Setiawan Ikuti Webinar Pengembangan Desa Kreatif Bersama Menparekraf Sandiaga Uno

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, hadir sebagai keynote speaker via zoom meeting pada acara bertemakan “Pengembangan Desa Wisata-Desa Kreatif” untuk memberikan solusi ditengah pandemi agar pemulihan ekonomi dan penyediaan lapangan pekerjaan tetap berjalan.

Sandiaga menuturkan bahwa terjadi kontraksi di berbagai lini Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sektor Pariwisata menjadi yang terpukul oleh pandemi, UNWTO sendiri memprediksi bahwa kondisi baru akan kembali seperti tahun 2019, pada tahun 2022-2024.

Sementara itu, sektor Ekraf walaupun cenderung stabil tetapi juga mengalami kontraksi. Namun subsektor yang mendukung adanya pemanfaatan dari rumah seperti Televisi, Radio, Aplikasi dan Pengembang Permainan yang justru mengalami peningkatan.(22/6)

BACA JUGA:  Wahid : Musrembang, Usulkan Prioritas Pembangunan

Pengembangan desa wisata di Indonesia ini harus menggunakan tiga platform utama Kemenparekraf yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Inovasi diantaranya dengan pendekatan 360 derajat dan big data.

Adaptasi melalui penerapan protokol CHSE. Dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder. Sehingga, desa wisata nantinya dapat menjadi destinasi yang berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan, serta menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

CHSE adalah singkatan dari Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan). CHSE mulai diterapkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia sejak September 2020.

CHSE dibuat berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

BACA JUGA:  Gubernur H Sahbirin Noor Pinta SKPD Bergerak dengan Program yang Tepat Sasaran

“Saya berharap, desa-desa wisata ini mampu menjadi lokomotif dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Karena, kita berfikir mengenai profit saja, tetapi juga masalah ekonomi, lingkungan, sosial, dan budaya,” katanya.

Sementara itu, Darmawan Jaya Setiawan mantan walikota Banjarbaru yang ikut webinar memberikan apresiasi yang tinggi dengan adanya acara tersebut. Keterangan dari Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memberikan pencerahan kepada kita di daerah, sehingga paparan yang disampaikan bisa diterapkan untuk membantu perekonomian disaat masa pandemi masih masif.

“Acara tersebut sangat baik dimana saat ini perekonomian kita mulai bangkit meskipun sebelumnya terkontraksi melemah diakibatkan pandemi yang belum usai,” ujar Darmawan Jaya yang juga ketua Nasdem kota Banjarbaru ini kepada wartaniaga.

BACA JUGA:  KPPN Pelaihari Dampingi Satker Sukseskan Program SAKTI

Dia menambahkan selain pemerintah yang memberikan motivasi masyarakat juga harus bangkit dari keterpurukan akibat pandemi saat ini.

Reporter : Edi Dharmawan
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait