Kotabaru Telah Miliki Laboraturium PCR

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kotabaru – Kabupaten Kotabaru saat ini sudah memiliki Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Test sendiri.

Keberadaan Laboratorium ini diresmikan langsung oleh Pelaksana harian (Plh) Bupati Kotabaru H Said Akhmad, di Rumah Sakit Darurat Covid 19 yang terletak di Desa Stagen Kecamatan Pulau Laut Utara pada Jum’at (26/2).

H Said Akhmad mengatakan, keberadaan Laboratorium ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah daerah mendukung dan berkomitmen untuk mewujudkan penanganan dan pengendalian covid 19 serta memutus mata rantai penularan di Kotabaru.

Beriperasinya laboraturium ini, lanjutnya, akan dapat memantapkan komitmen seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pemerintah pusat dan daerah, swasta, dunia usaha, serta organisasi kemasyarakatan, untuk berkontribusi mewujudkan Kotabaru bebas dari covid 19.

BACA JUGA:  Pejabat Kabupaten HSS Lakukan Vaksinasi Sinovac

Dipaparkannya, laboraturium ini nantinya akan dioperasikan seminggu 3 kali, yaitu hari Senin, Rabu dan Jum’at. Hal ini disebabkan karena masih dalam proses penyesuaian, setelah itu akan diupayakan bisa dilaksanakan sesuai hari kerja minimal 5 hari jam kerja.

“Laboratorium ini dapat memeriksa sampel swab sebanyak 30 sampel, dan untuk hasilnya dapat kita ketahui dalam waktu 5 jam,”ucapnya.

Penanggung jawab Laboratorium Rumah Sakit Darurat covid 19, Diana Sitohang, menjelaskan, untuk penyesuaian alat PCR ini akan memakan waktu satu minggu atau lebih.

“Kita lihat lebih dahulu ritmenya dan target sasaran sampel kita, serta kemampuan petugas yang akan mengerjakan,” terangnya.

Ditanya mengenai suhu penyimpanan, Diana mengungkapkan, untuk suhu sampel yang akan dikerjakan pada suhu minus 80 derajat, sedangkan untuk sampel yang belum dikerjakan cukup disimpan pada suhu 2 sampai 8 derajat.

BACA JUGA:  Bupati, Kapolres, dan Dandim Turut Ramaikan Event Sudur Bahabis 5

“Untuk ketahanan sampel, secara tertulis tiga hari, tetapi tergantung juga pada suhu penyimpanan. Apabila bagus akan dapat menyimpan lebih lama,”tuturnya.

Tampak hadir juga pada acara peresmian ini, Forkopimda, Kepala SKPD, serta para tenaga kesehatan.

 

Reporter : Anaq
Editor : Didin

L

Pos terkait