HSU Siaga Banjir Kiriman dari Kabupaten Tabalong dan Balangan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), tetap siaga dan waspada menyusul terjadinya peningkatan debit air sungai yang terjadi di Kabupaten tetangga seperti Tabalong dan Balangan yang sudah sebagian terendamnya sejumlah rumah warga.

Kepala Badan Penanggulanan Bencana Kabupaten HSU, Sugeng Riyadi mengatakan banjir di tahun 2021 berbeda dengan banjir di tahun sebelumnya.

“Biasanya untuk HSU menjadi langganan banjir terlebih dahulu sebelum di kabupaten tetangga Tabalong dan Balangan mengalami Banjir,” kata Sugeng saat ditemui di kantornya, Rabu (13/1).

Menurt Sugeng, pihaknya mempunyai alat ukur manual siaga banjir yang dibuat oleh BPBD HSU sendiri yang dapat memberikan gambaran atau informasi debit air jika sudah mengalami kenaikan atau belum.

BACA JUGA:  Wahid : Era Mardani Jalan di Tanbu Mulus

“Kemarin, Selasa (12/1) kami sudah lakukan pengecekan dan ternyata debit air sudah hampir mencapai batas merah yang artinya debit air sangat tinggi dan mengkhawatirkan,” ucapnya.

Sugeng menghimbau kepada masyarakat HSU agar tetap waspada terhadap bencana banjir dengan memperhatikan arus listrik jangan sampai tergenang air dan juga harus menjaga anggota keluarga pada saat banjir.

” Mari kita sama-sama mengantisipasi dan menjaga agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat musim hujan dan banjir ini,” paparnya seraya menambahkan perhatikan juga arus listrik di rumah.

Reporter : Darma Setiawan

Editor : Aditya

Pos terkait