Setelah 8 Bulan Terhenti Karena Covid-19, Angkutan AKAP Mulai Beroperasi Lagi

  • Whatsapp
Suasana terminal km 6 Banjarmasin, Sabtu (21/11)

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Setelah sempat terhenti sekitar 8 bulan lamanya pasca pandemi Covid-19, geliat angkutan umum di terminal Kilometer (Km) 6 Banjarmasin mulai terlihat lagi, khususnya jurusan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Meski begitu, belum terlihat penumpukan penumpang bus AKAP di terminal Km 6 untuk jurusan ke kota-kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Menurut Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tipe B Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rusma Khazairin, bila angkutan AKAP sudah mulai jalan sejak beberapa hari yang lalu.

“Bus AKAP sudah mulai beroperasi dari tanggal 1 Nopember kemarin. Beberapa hari ini, bus ngetem sebentar saja di terminal, lalu berangkat. Mungkin, karena jumlah penumpangnya belum begitu banyak,” ujarnya

BACA JUGA:  Jual Ulang Air Bersih di Mantuil "Simalakama" Bagi PDAM

Ia mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menganjurkan pembelian tiket harus melalui online. Selain lebih hemat waktu dan tenaga, calon  penumpang pun dirasa lebih aman di tengah gencarnya pemerintah memberi imbauan protokol kesehatan Covid-19.

“Lebih praktis beli tiket lewat online, tak hanya efisien, kita juga terhindar dari tempat keramaian atau kerumunan orang banyak. Selain itu, sesuai ketentuan dari pusat, jumlah penumpang bus harus 50 persen lebih sedikit dari jumlah seat, duduk harus berjarak dan wajib mengenakan masker,” ucapnya.

Pos terkait