Bank Indonesia Sudah Miliki Blueprint Pembayaran Digital

  • Whatsapp

Wartaniaga com, Banjarmasin-Pembatasan sosial atau phsycal distancing berdampak  kepada akselerasi digitalisasi yang semakin cepat. Maka dibutuhkan juga solusi bertransaksi dan pembayaran yang mendukung itu semua.

Untuk  itu, Bank Indonesia telah  menetapkan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, sebagai panduan arah kebijakan BI dibidang system pembayaran pada era digital. Demikian dikatakan, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Amanlison Sembiring saat media daring  di Banjarmasin pada Rabu, (20/10) tadi.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi besar untuk dioptimalkan khususnya terkait inklusivitas dan elektronifikasi untuk mendorong pencepatan ekosistem keuangan digital.

“Salah satu implementasi BSPI adalah Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS),” ujarnya

Diungkapkannya, perkembangan merchant QRIS di Kalsel saat ini mencapai 43.392 sd 9 Oktober 2020. Pemanfaatan QRIS tidak terbatas pada transaksi komersil namun pada saat ini beberapa rumah ibadah di Kalsel sudah menggunakan QRIS untuk kemudahan melakukan donasi baik dalam bentuk zakat, infaq dan sedekah (ZIS).

BACA JUGA:  Ini Keberhasilan Pembangunan Pemkot Banjarmasin Tahun 2018

Sementara itu, untuk mendukung digitalisasi transaksi Majelis Ulama Indonesia juag telah mengeluarkan fatwa uang elektronik Syariah.

Pos terkait