Taman Hutan Tropis Indonesia di Banjarbaru Ternyata Mengasyikan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarbaru- Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T), sebuah kawasan di seputaran Pusat Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalsel, Jalan Abdi Praja Banjarbaru dan sekitarnya, kini semakin dikenal luas masyarakat.

Areal yang diinisiasi oleh Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq ini telah bertransformasi menjadi Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI), seiring dengan apresiasi yang diberikan Presiden Joko Widodo, saat kunjungannya beberapa waktu lalu.

Pembangunan TH2TI sebagai upaya mempertahankan keberadaan hutan hujan tropis di Banua telah banyak dibahas sebelumnya. Kali ini, yuk kita kulik aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di TH2TI. Tentunya, ini bisa menjadi inspirasi Anda.

Sebagai Sarana Edukatif Tidak banyak hutan kota di Indonesia yang mampu mengkombinasikan keanekaragaman hutan hujan tropis, sekaligus fungsi estetikanya. TH2TI sebagai salah satu bentuk hutan kota, mampu menghadirkannya.

BACA JUGA:  Aksi Peduli Bank Kalsel Terhadap Korban Banjir

Kombinasi keanekaragaman hayati, yaitu rindangnya pepohonan, tanah dan resapan air,  bahkan hama penyakit tanaman, bisa menjadi bahan penelitian dan pengembangan bagi teman-teman civitas akademika.

Identifikasi Jenis Pepohonan
Bagi yang tertarik dengan pohon-pohonan, Anda bisa  mengidentifikasi jenis-jenis pohon yang ada di TH2TI. Pastinya, kita bisa belajar sembari membunuh waktu. Pasti anda akan menemukan hal unik dari kegiatan ini.

“Merasa kurang piknik atau suntuk, Anda bisa menggelar tikar di sini. Barisan pepohonan tentu menghalangi teriknya sinar matahari,” bebernya.

Suasana-pun menjadi adem. Disarankan, oleskan lotion nyamuk agar piknik makin nyaman. Jangan lupa bersantap makanan, atau bisa membeli di warung di sekitar TH2TI. Tinggal gelar tikar.

BACA JUGA:  Saran Bank Kalsel Untuk UMKM Ditengah Pandemi Covid 19

“Masyarakat himbau untuk selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya,” himbaunya.

Penulis: Aditya
Sumber : DishutProvKalsel

Pos terkait