Hadapi Virus Corona, Sri Mulyani Siapkan Rumus Stimulasi Ekonomi

  • Whatsapp
Hadapi Virus Corona, Sri Mulyani Siapkan Rumus Stimulasi Ekonomi
L

Sementara Sri Mulyani memastikan paket stimulus ekonomi jilid pertama tetap akan berjalan, meski pemerintah menunda kebijakan insentif bagi wisatawan mancanegara yang akan berlibur ke Indonesia. Namun, insentif untuk wisatawan domestik tetap diberikan.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu pun belum bisa memberi estimasi kapan sekiranya kebijakan insentif itu akan kembali dikeluarkan. Namun, ia menekankan insentif lain akan tetap diberikan, misalnya di bidang perpajakan dan sektor riil seperti kemudahan izin bagi importir.

“Kami lihat efektivitas saja, kalau timing kan lihat kebutuhan. Kalau efektivitas penurunan pajak hotel dan restoran, itu tetap kami lakukan. Jadi kalau memang timingnya tidak tepat, bisa dimundurkan, kami fleksibel terhadap demand industri,” terangnya.

BACA JUGA:  Menteri PPA Khawatirkan Eksploitasi Seksual Dan Perdagangan Anak di Media Online

Penyebaran virus corona atau Covid-19 telah membuat sektor ekonomi melemah. Berbagai lembaga internasional pun meramalkan ekonomi dunia dan sejumlah negara akan menurun akibat tekanan ini, termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, pemerintah mengantisipasi dengan menciptakan paket stimulus ekonomi. Di sisi lain, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan turut memberi stimulus dengan kebijakan masing-masing.

Reporter : Mamay
Editor : Riki
Foto: istimewa

L

Pos terkait