Ibnu Ajak Hipmi Berkolaborasi

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Perekonomian suatu daerah tidak hanya ditentukan oleh kebijakan pemerintah tetapi perlu peran serta dunia usaha.  Untuk itu, Pemko Banjarmasin selalu menyambut baik program pengusaha yang bisa dikolaborasikan dengan pemerintah. Demikian diungkapkan oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) V Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia  (Hipmi) Kota Banjarmasin, Sabtu (11/11).

Menurutnya, program 500 wirausaha baru setiap tahunnya sudah dijalankan oleh pemko Banjarmasin. Bahkan untuk tahun 2017 ini pihaknya mampu merekrut melebihi target yang ditetapkan yakni sebanyak 625  wirausaha baru. Meskipun dari jumlah itu hanya 175 wirausaha yang mampu bertahan.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Maming : Gerakan Ekonomi Daerah untuk Mendorong Ekonomi Nasional

“ Walapun yang berhasil hanya sebanyak 175 pengusaha, ini merupakan hal yang wajar dan akan menjadi pelajaran kita untuk lebih baik lagi ditahun mendatang” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Untuk itu, Walikota berharap dapat bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk Hipmi dan perbankan untuk mewujudkan program itu.  “ Tahun depan kita akan mempersiapkan lagi 500 wirausaha baru semoga bisa berhasil 50 persen. Dan kami berharap dapat berkerjasama dengan Hipmi dan Perbankan” katanya.

Bagi Ibnu pengusaha pemula biasanya memerlukan permodalan untuk mengembangakan usahanya, maka dari itu pihak perbankan menjadi unsur yang sangat penting dalam program ini.

“ Jangan hanya mengandalkan APBD, jika pihak pengusaha memiliki CSR bisa membantu program kita ini. Dan kita harapkan juga pihak perbankan membantu dengan skema pembiayaan yang lebih ringan” tuturnya seraya menambahkan kalau bisa bunganya di bawah 9 persen saja.

BACA JUGA:  Banjarmasin Miliki Piutang Pajak PBB Rp 17 Miliar

Dirinya  yakin dengan adanya skema pembiayaan yang mampu dijangkau oleh umkm dan dukungan dari semua pihak program untuk mencetak ribuan wirausaha baru di Banjarmasin dapat terwujud.

“ Kami yakin dengan adanya kolaborasi antara para pelaku usaha, perbankan dan pemerintah, program mencetak wirausaha baru di Banjaramsin akan cepat terwujud. Terlebih lagi, ini akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat pada umumnya” pungkasnya.

Reporter : ***

Editor : Didin Ariyadi

Fotto : Didin Ariyadi

Pos terkait